Rabu, 29 Juni 2022
Pertemuan ke-19 Kelas Belajar Menulis PGRI
Seperti biasa pertemuan kali ini juga terdiri dari 4 sesi, yaitu :
1. Pembukaan
2. Paparan materi
3. Tanya jawab
4. Penutup
Sekarang mari kita berkenalan dengan Narasumber dengan menyimak CV Narasumber kita.
Mempersiapkan naskah untuk buku solo sebagai salah satu
syarat lulus dari Kelas BM PGRI Gelombang 25 & 26. Semangat terus untuk
menulis & tetap berkarya. Draft untuk buku solo segera rampungkan kemudian
disatukan dalam satu file agar memudahkan dalam penyusunan naskah. Jangan lupa
untuk menyiapkan daftar isi, prakata, sinopsis dan semua perlengkapan naskah
buku solo yang sudah ditentukan. Kita peserta diberikan kebebasan untuk memilih
Penerbit untuk menerbitkan buku solo termasuk ke Penerbit Andi
Strategi
pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik .
Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis
buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut
dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset
menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku
( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi-Novel, Buku Pengembangan
Diri, Buku Teks, dll ).
Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan
melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan
. Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa
kegiatan bisnis . Sehingga strategi
pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro yaitu
perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu
demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
P Penerbit Andi dalam pelaksanaan pemasaran melakukan strategi online
dan offline yaitu:
S 👉 Strategi Pemasaran Buku lewat Online
1. Pentingnya
Transformasi Digital
Dampak dari pandemi COVID-19 telah
mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi
antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek
kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di
sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini
tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar –
mengajar , kehidupan keluarga hingga
aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital
Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus
proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
- Menyebarkan
informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan
konsumen terjaga.
- Menjaga
kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikan
penjualan dan profit
- Membandingkan
dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk
citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah
tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi
dan pendapat konsumen.
2.
Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing
– masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi ,
maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku
. Penjualan lewat komunitas akan lebih
efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan
buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi
dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
Kami Penerbit ANDI juga terus
mengadakan aktifitas pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat
link Zoom , Live Youtube TV. ANDI,
dengan tema – tema yang menarik.
👉Strategi pemasaran buku serangan Darat
(OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah
nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan
wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat
baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua,
dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan
darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju diantaranya :
1. Toko
Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi
sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok
Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku
maka kita perlu pemetaan jenis toko
buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern,
Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi promosi di
toko buku modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan, antara lain
:
- Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan
event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
- Dan
masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern
tersebut yaitu melalui Kepala Toko nya dan Supervisor .
2.Directselling atau
penjualan langsung
Kegiatan inin dilakukan untuk
mengurangi biaya iklan, menghindari biaya overhead, dan membangun hubungan
pelanggan yang tahan lama dan berjangka panjang. Produk yang dijual secara
langsung biasanya tidak ditemukan di lokasi ritel tradisional. Satu-satunya
cara membelinya dalah dengan menemukan distributor atau perwakilannya
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling dibagi menjadi beberapa target pasar yakni :
a. Buku
Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK).
b.
Buku
Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah
c. Buku Referensi untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA-SMK ,
Perguruan Tinggi dan umum
Sangat perlu diketahui
penulis sebelum menerbitkan buku yaitu:
· Menuliskan hal-hal yang belum kuasai
· MengetahuI tentang potensi pasar
· Buat pemetaan dengan jelas
· Catat dan ingat persyaratan
penerbitan buku
Akhir kata kami sebagai “Tenaga
pemasarann buku sangat bangga sebagai ujung tombak dalam menyebarluaskan karya-karya tulisan ilmu pengetahuan yang sangat berdampak sekali melalui jalur non
formal ikut serta dalam menceraskan
kehidupan bangsa Indonesia”.
Semoga ilmu yang didapat pada pertemuan ini bisa
memotivasi kita semua untuk lebih semangat menulis dan menerbitkan buku. Maka
dari itu Menulis adalah berjuang, Penulis adalah Pahlawan yang akan di kenang
selama-lamanya. Lembaran karya adalah medan pertempuran, Pena adalah
senjatanya.
"Buku adalah gudang ilmu,
kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia”.
Marilah terus berkarya lewat tulisan yang dapat
memberikan kebaikan kepada masyarakat.
Semangat dan selalu konsisten untuk membuat resume
terbaiknya.
Sebagai kalimat motivasi adalah Jangan takut melangkah, karena jarak 1000 mil dimulai dari satu langkah. Bermimpi, percaya dan buat itu terjadi, kita dapat melakukan apapun asalkan kita percaya. Jangan sembunyikan potensimu karena dengan potensi itulah engkau dihargai.
Demikian resume tentang materi Pemasaran Buku yang dapat saya tuliskan dan masih banyak lagi strategi pemasaran buku yang terus berkembang.
Terima kasih.🙏
Tidak ada komentar:
Posting Komentar