Rabu, 29 Juni 2022

PEMASARAN BUKU

 

Rabu, 29 Juni 2022
Pertemuan ke-19 Kelas Belajar Menulis PGRI

 


Pada pertemuan ke-19 moderatornya yakni Bapak Sigid Purwo Nugroho dengan Narasumber yang luar  biasa  Bapak Agus Subardana. Materi pertemuan malam ini adalah "Pemasaran Buku".

    Seperti biasa pertemuan kali ini juga terdiri dari 4 sesi, yaitu :

     1. Pembukaan
     2. Paparan materi
     3. Tanya jawab
     4. Penutup

Sekarang mari kita berkenalan dengan Narasumber dengan menyimak CV Narasumber kita.


Mempersiapkan naskah untuk buku solo sebagai salah satu syarat lulus dari Kelas BM PGRI Gelombang 25 & 26. Semangat terus untuk menulis & tetap berkarya. Draft untuk buku solo segera rampungkan kemudian disatukan dalam satu file agar memudahkan dalam penyusunan naskah. Jangan lupa untuk menyiapkan daftar isi, prakata, sinopsis dan semua perlengkapan naskah buku solo yang sudah ditentukan. Kita peserta diberikan kebebasan untuk memilih Penerbit untuk menerbitkan buku solo termasuk ke Penerbit Andi

Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik .

Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi-Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks, dll ).

Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .  Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :

1.  Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2.  Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

P   Penerbit Andi dalam pelaksanaan pemasaran melakukan  strategi online dan offline yaitu:

S   👉 Strategi Pemasaran Buku lewat Online

1.  Pentingnya Transformasi Digital

Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar – mengajar ,  kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .

Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :

- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial

- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.

- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

- Menaikan penjualan dan profit

- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing

- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

- Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.

2.   Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

Kami Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link  Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema yang menarik.

👉Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju diantaranya :

1.  Toko Buku

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.

Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

Strategi promosi di toko buku modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan, antara lain :

     -   Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
-   Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
-   Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode           tertentu.
-   Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program             TAB, Program TAM , dll )
-   Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan ,               kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut yaitu       melalui Kepala Toko nya dan Supervisor .

2.Directselling atau penjualan langsung

Kegiatan inin dilakukan untuk mengurangi biaya iklan, menghindari biaya overhead, dan membangun hubungan pelanggan yang tahan lama dan berjangka panjang. Produk yang dijual secara langsung biasanya tidak ditemukan di lokasi ritel tradisional. Satu-satunya cara membelinya dalah dengan menemukan distributor atau perwakilannya 

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling dibagi menjadi beberapa target pasar yakni :

a.    Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).

b.     Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah

      c.      Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , 
            Perguruan Tinggi dan umum   

  Sangat perlu diketahui penulis sebelum menerbitkan buku yaitu:

     ·     Menuliskan hal-hal yang belum kuasai
·     MengetahuI tentang potensi pasar
·     Buat pemetaan dengan jelas
·     Catat dan ingat persyaratan penerbitan buku

Akhir kata kami sebagai “Tenaga pemasarann buku sangat bangga sebagai ujung tombak dalam menyebarluaskan karya-karya tulisan ilmu pengetahuan yang sangat berdampak sekali melalui jalur non formal ikut serta dalam  menceraskan kehidupan bangsa Indonesia”.

Semoga ilmu yang didapat pada pertemuan ini bisa memotivasi kita semua untuk lebih semangat menulis dan menerbitkan buku. Maka dari itu Menulis adalah berjuang, Penulis adalah Pahlawan yang akan di kenang selama-lamanya. Lembaran karya adalah medan pertempuran, Pena adalah senjatanya.

 

"Buku adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia”.

 

Marilah terus berkarya lewat tulisan yang dapat memberikan kebaikan kepada masyarakat.

Semangat dan selalu konsisten untuk membuat resume terbaiknya.

 

Sebagai kalimat motivasi adalah Jangan takut melangkah, karena jarak 1000 mil dimulai dari satu langkah. Bermimpi, percaya dan buat itu terjadi, kita dapat melakukan apapun asalkan kita percaya. Jangan sembunyikan potensimu karena dengan potensi itulah engkau dihargai.

Demikian resume tentang materi Pemasaran Buku yang dapat saya tuliskan dan masih banyak lagi strategi pemasaran buku yang terus berkembang. 

Terima kasih.🙏


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengembangkan Komitmen Menulis di Blog

  Tema               : Komitmen Menulis di Blog Gelombang      : 29 Tanggal            : 12 Juli 2023 Tema                : Komitmen M...