Jum'at, 22 Juli 2022
Pertemuan ke-29
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat malam
Bapak/Ibu guru hebat, pecinta literasi Indonesia. Semoga Bapak/Ibu semua dalam
keadaan sehat dan berbahagia, dan senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran
dalam mengikuti kegiatan belajar malam ini.
Narsumber kita pada malam hari ini adalah mayor Nani yang luar biasa. Ibu Rosminiyati sebagai moderator yang juga luar biasa.. Kedua ibu hebat ini akan melayani kita semua selama dua jam ke depan dari pukul 19.00 sampai 21.00 WIB.
Sebelum kita mulai, mohon dipersiapkan draft naskah bukunya sedikit demi sedikit. Kumpulkan tulisan kita di blog sehingga menjadi buku yang bermutu. Bunda Rosminiyati yang biasa kita sapa Kak Ros memulai acara belajar online ini dengan baik. Semoga bapak dan ibu semua sehat dan dapat lulus di kelas belajar menulis ini.
Atas pembukaan acara belajar malam ini oleh Om Jay. Semoga
dengan dibuka oleh founder secara langsung akan semakin menambah semangat para
peserta dalam menyelesaikan naskah buku solo sebagai syarat kelulusan.
Wah, ternyata malam ini adalah pertemuan ke-29. Masih ada 1
pertemuan lagi setelah ini. Kemudian, ada acara closing ceremony.Setelah itu,
Bapak/Ibu berselancar dengan pengembangan diri masing-masing dalam kancah
literasi. Apa pun jenis kegiatannya, semoga menulis telah menjadi passion
dengan menulis setiap hari dan membuktikan apa yang terjadi. Peserta belajar menulis akan belajar bersama kepada
seorang narasumber hebat dengan segudang pengalaman dalam profesi dan prestasi
luar biasa di bidang literasi. Beliau bernama Nani Kusmiyati, S.Pd., M.M.,
CTMP.
Ibu Mayor cantik calon Doktor ini telah melahirkan 3 buku solo dan 31 buku antologi sejak tahun 2020 hingga sekarang. Kesempatan kali ini Mayor Nani akan menyampaikan materi “Blog sebagai Sarana Pembelajaran”. Untuk mengenal lebih dekat dengan narasumber, mari kita intip dulu CV beliau berikut ini.
Nani Kusmiyati, S.Pd., M.M., CTMP.
Pengalaman
: 1992–2000 Dosen Bahasa Inggris Pusat
Bahasa Pertahanan dan Keamanan
2000–2021 Dosen Bahasa Inggris dan Dinas Pendidikan Angkatan Laut
2020–Sekarang Penulis, 3 Buku Solo, 31 Buku Antologi
2021–Sekarang Kasubbag Multilateral Luar Negeri dan Lemhannas
Pendidikan : Pendidikan S1 Bahasa Inggris - Universitas
Islam As Syafi’iyah, Jakarta
S2 HRM- Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Jakarta
S3 HRM - Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.
Kursus Instruktur Bahasa Inggris Tingkat Lanjut, Defense Lang Inst, Texas,
AS
Pengamat Umum Profesional, Texas, AS
Metodologi Pengajaran Bahasa Inggris, Laverton, Australia
Kursus Pengembangan Pengajaran Bahasa Inggris, Laverton, Australia
Penerjemah Bahasa Inggris, Pusat Bahasa Pertahanan dan Keamanan
Kursus Total Quality Management, Jakarta
Pelatihan Pelatih, Jakarta
Komunikasi : Bahasa inggris
Penugasan : Pramugari Haji - 1997
Pasukan Penjaga Perdamaian PBB, Lebanon – 2013
Nusa Bhakti
AUSINDO – 2018
Gema Bakti, AS
Cobra Emas,
Thailand – 2019
JOEP Malaysia
& Singapura
Profesi Lain : Penulis
Buku Tunggal:
Februari
Bermakna (Aksara Berkisah dalam Lomba Blog Jadi Buku)
Jejak Warna
Penyatu Rasa
Public Speaking
dan MC Berdasarkan Pengalaman
Buku Antologi dengan Proyek Omera:
(1) Semesta Merestui
(2) Kulminasi
(3) Eksplorasa Edisi 1
(4) Simpang Maya
(5) Kuputuskan menjadi
(6) Monolog Cinta
(7) Titik Balik
(8) Thank you 2020
(9) Puisi Untuk Yang Terkasih
(10) Favorite Teacher
(11) Manisan Rindu
(12) Kota Kenangan.
Buku Antologi dengan Proyek Nubala:
(1) Surat Kepada
Ibu
(2) Kabar Untuk
Ayah
(3) 2020
bercerita
(4) I’m jealous
of the rain
(5) Di Celah
Senja
(6) Sepanjang
Tapak Kaki,
(7) Manisan
Rindu,
(8) Surat
Terakhir
(9) Hilang Tanpa
Bilang
(10) Teruntuk
HUJAN.
Keluarga : satu anak (Galaxy Mega Pratama)
Seperti biasa, kuliah malam ini
dibagi menjadi 4 sesi:
1. Pembukaan
2. Pemaparan materi
3. Tanya Jawab
4. Penutup
Bagi yang ingin bertanya, silakan menggunakan format nama, asal sekolah, dan pertanyaan. Kirim ke 08127396949 (Ibu Rosminiyati). Agar mendapatkan keberkahan dan rida Allah, marilah kita buka kegiatan malam ini dengan mengucapkan basmalah. Selanjutnya, marilah kita berdoa sejenak sesuai agama dan keyakinan masing-masing. Baiklah, untuk segera menjawab rasa penasaran Bapak/Ibu terhadap materi malam ini, waktu dan kolom chat saya serahkan sepenuhnya kepada Narasumber.
Bapak ibu pegiat Literasi yang hebat. Sebelumnya narasumber
ingin mengucapkan terima kasih kepada guru blogger kita Om Jay dan Kak Ros
sebagai moderator malam ini atas kesempatan yang baik ini untuk berbagi
pengalaman. Malam ini topik yang akan saya bahas "Blog sebagai Sarana
Pembelajaran
Bunda Nani mengambil topik ini untuk mengingatkan diri pribadi dan
bapak ibu, bahwa menulis di blog seperti kita menulis dibuku catatan kita.
Berbeda namun memiliki manfaat yang sama yaitu mengabadikan buah pikiran kita
sendiri maupun pelajaran yang kita dapatkan dari sumber lain. Sumber lain itu
dapat berupa buku, digital book, pengalaman orang lain maupun ilmu yang kita
dapatkan dari guru kita, ketika kita masih belajar di bangku sekolah maupun
kuliah.
Saat ini blog bukanlah sesuatu yang baru karena hampir
setiap orang mengenal tentang blog. Bahkan bertahun-tahun yang lalu para
penulis juga kaum akademia menggunakan blog untuk mengekspresikan ide,
pengalaman dan ilmu yang di dapatkannya.
Bagi beliau blog sangat membantu mengingat kejadian-kejadian
yang menarik perhatiannya baik dimasa lampau atau saat ini. Masa lampau
dengan dibantu dokumentasi berupa foto-foto akan mudah mengemasnya kembali
menjadi sebuah cerita true story.
Sedangkan kejadian dimasa kini akan lebih mudah dituliskan
di blog karena ingatan kita masih fresh untuk mengingatnya. Maka saya
menyarankan jika bapak ibu melihat kejadian yang menarik perhatian, maka segera
tulislah di blog. Ketika hendak menulis, tidak selalu menggunakan laptop atau
komputer, namun HP dapat membantu kita untuk menuliskan poin-point singkat
tentang kejadian atau pengalaman yang menarik untuk diceritakan.
Setelah memiliki waktu luang barulah kita dapat menuliskannya. Bagaimana jika kita benar-benar sibuk dan tidak ada waktu menuliskan poin-poin tersebut menjadi karya yang dapat dinikmati sendiri maupun orang lain? Dan bagaimana jika tiba-tiba tidak ada mood untuk menuliskannya? Bunda Nani yakin kondisi ini pernah dialami bapak dan ibu termasuk saya pribadi. Jika kendalanya sibuk sekali, beliau akan berusaha untuk meluangkan waktu untuk menuliskannya walau hanya penjelasan satu poin saja. Kemudian dikesempatan berikutnya menulis 1 (satu) poin lagi.
Menulis tidak dapat kita lakukan ketika kita sedang
mengendarai mobil dan kita berada di belakang kemudi. Akan berbeda jika menjadi
penumpang maka akan lebih mudah menuliskannya di Hp selama perjalanan bekerja
atau pulang. Draf tulisan pasti masih kasar, biarkan saja, yang terpenting
poin-poin itu sudah ada deskripsinya. Ketika ada waktu barulah dibaca kembali
untuk menyempurnakan tulisan tersebut.
Blog dapat menjadi sarana belajar, terutama belajar writing.
Bagaimana menyusun kalimat yang benar dan menarik hingga menjadi paragraf per
paragraf yang memiliki makna. Sebagai guru, blog dapat menjadi salah satu
alternatif di dalam mengajar. Beberapa guru dapat menggunakan google form,
whatsApp atau media lain namun jika media tersebut dapat saling melengkapi akan
lebih bagus.
Blog dapat menjadi suatu pilihan sebagai media pembelajaran.
Bagi guru blog bisa sebagai media pembelajaran bagi dirinya sendiri dengan
menuliskan inovasi di dalam mengajar baik berupa teknik mengajar maupun materi
ajaran. Walau sebenarnya dapat di simpan di flash disk atau laptop.
Kekurangannya jika laptop atau flasdisk terkena virus maka akan sangat riskan
hilangnya materi ajaran.
Blog adalah salah satu media aman untuk menyimpan materi
pelajaran kita karena tidak akan terkena virus. Yang terpenting tidak lupa nama
blog dan password-nya. Jika lupa password masih bisa dipulihkan melalui email
atau no Hp kita. Karena blog bersifat umum atau dapat dibaca orang lain,
sebaiknya kita pandai memilih materi mana yang boleh dibaca orang lain. Jika
guru memiliki soal-soal dan dianggap masih bersifat konfidensial atau rahasia,
sebaiknya jangan disimpan di blog.
Ketika mengajar, saya gunakan blog untuk mengirimkan
tugas-tugas ke siswa dan saya meminta mereka menjawab di blog mereka dan
mengirmkan linknya ke group. Saya juga memberi tugas ke siswa lain untuk
berkunjung ke blog teman-temannya minimal dua blog. Saya tidak dapat memaksa
mereka untuk visit ke semua blog karena mereka juga mendapatkan banyak
pekerjaan rumah dari guru berbeda.
Dalam bahasa Inggris, writing termasuk salah satu skill yang
tersulit karena budaya menulis masih di dominasi kaum akademia atau pegiat
literasi. Untuk siswa dengan level bahasa Inggris elementary, saya biasanya
memberikan topik umum dan memberikan contoh cara mendeskripsikan topik
tersebut.
Saya juga menyarankan menggunakan google translate untuk
membantu mengerti isi dari reading. Kemudian menceritakan kembali dengan bahasa
mereka sendiri. Bagi yang benar-benar level begginer saya meminta mereka
membuat kalimat dalam bahasa Indonesia dengan berpedoman SPOK (Subyek,
Predikat, Obyek dan Kata keterangan), baru mereka terjemahkan dengan google translate
untuk mengetahui bahasa Inggrisnya. Mereka belajar menganalisa tulisan mereka
sendiri juga memperhatikan kalimat bahasa Indonesia dan bahasa Inggrisnya.
[Bagaimana dengan siswa SD atau SMP? Menurut saya mereka bisa
memiliki blog namun dengan bantuan orang tua atau kakak-kakaknya yang mengerti
blog dengan segala etika bersosial media. Jika perlu yang mengetahui
passwordnya hanya orang tua atau kakak-kakaknya yang dapat diandalkan. Walau
blog milik pribadi namun konten yang di tulis khusus untuk belajar atau
menyampaikan pendapat yang tidak menyinggung siapapun.
Ibu Guru SD atau SMP yang pandai IT bisa membantu mereka
dengan bertatap muka via daring atau bertemu langsung dengan para orang tua dan
mengajarkannya cara membuat blog dengan etika bersosial media.
Guru bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dapat menggunakan
blog untuk mengajarkan reading dan writing. Jika speaking dapat melalui zoom atau
whatsApp call. Penggunaan blog sebagai sarana pembelajaran adalah salah satu
alat untuk mengajar atau belajar. Silakan menggunakan media yang dianggap mudah
untuk meningkatkan ilmu dengan berbagi kebaikan dengan murid-murid, sahabat
atau orang lain.
Media yang sulit perlu dipelajari dan di takhlukkan jika
memang media tersebut akan banyak memberikan manfaat. Jika dianggap tidak
memiliki manfaat, sebaiknya ditinggalkan. Selamat mencoba dan have fun dengan
blog.
Motto: Jadilah seorang guru yang inovatif dan
menginspirasi
Berikut contoh-contoh blog sebagai bahan pengajaran.
https://naniku2020.blogspot.com/2020/10/past-continuous-tense-vs-past-tense.html?m=1
Silakan disimak dulu contoh di atas.
https://naniku2020.blogspot.com/2020/10/describe-your-hobbies-and-interests.html?m=1
Contoh-contoh diatas jika mengajar Bahasa Inggris, level
Elementary 😁
Beberapa contoh lain dari peserta group sebelumnya yang saat
ini sudah menjadi narasumber kita
https://dailalser.blogspot.com/2021/09/tugas-ulangan-ipa-perkembangbiakan.html
Ini blog bapak Dail
Untuk memberikan semangat kepada para peserta menulis, beberapa karya buku Solo saya sbb. Semua berkat support dari Om Jay dan para senior narasumber di group menulis
Materi yang Bunda Nani sampaikan sangat menarik dan luar biasa bagi peserta Belajar Menulis semoga bermanfaat. Blog, di tangan seorang pakar dapat menjadi apa saja yang bermanfaat, tak terkecuali sebagai media pembelajaran yang sangat menarik. Mudah-mudahan kita dapat mengikuti jejak Mayor Nani dalam pengelolaan blog untuk keperluan mengajar.
Demikianlah materi inti yang sudah dipaparkan secara lengkap oleh Narasumber kita yang luar biasa pada malam hari ini. Namun, Jika masih ada yang dirasakan perlu untuk ditanyakan, mari kita bahas dalam sesi tanya jawab.Jika berkenan bertanya dipersilakan, dan jika dianggap cukup jelas, silakan mencoba untuk mempraktekkannya.
Kita masuk sesi tanya jawab
P 1
Assalaamu'alaikum bu. Yandri Novita Sari
Izin bertanya untuk ibu nararasumber bu
1. Yandri
sudah membaca CV ibu, dan prestasi ibu luar biasa. Apa yang melatarbelakangi
ibu begitu mencinta menulis dan
menjadikan blog sebagai sarana pembelajaran
2. Selama menulis kendala apa yang ibu temukan dan bagaimana
ibu mengatasi nya?
3. Prestasi apa yang sangat berharga bagi ibu selama ibu
menulis?
Jawabannya untuk soal 1 dan 2 Mengalahkan rasa malas dan
bosan.
Cara mengatasinya istirahat sebentar minum kopi atau
menonton TV,. atau mendengarkan musik, atau jalan-jalan, atau video call dengan
keluarga
3. Prestasi yang sangat berharga ketika saya bisa
menghasilkan buku Solo. Ketiga buku diatas terbit pada tahun 2021.Untuk tahun
2022,masih berupa konsep dan belum disusun. Saya ikut belajar dengan para
pegiat Literasi lain mencoba tantangan Om Jay menulis setiap hari di blog
P 2
Selamat malam Bunda Nani yang luar biasa. Materi pada malam
hari ini sangat-sangat bermakna. Sepertinya semakin ke ujung materi yang
disampaikan semakin bagus. Sehingga rasanya kami malas untuk closing ceremony.
Tapi walau demikian mau Tidak mau itu harus terjadi. Supaya ada generasi
berikutnya yang akan belajar menimba ilmu di sini.
Saya bu Elmi dari Riau Bunda mau bertanya. Saya yakin Bunda
sangat sibuk sekali. Jadi pertanyaan saya dalam kesibukan yang luar biasa ini
dalam satu hari kira-kira berapa materi yang bisa Bunda tulis di blog.
Sebenarnya setiap hari saya hanya dapat menulis 1 artikel
saja, biasanya jika saya belum sempat
membaca ulang tidak saya share di blog tapi jika saya rasa sudah tidak ada
kesalahan saya baru share via blog.Tapi jika sedang sakit saya break dulu tidak
menulis. Jika kondisi fit dan tidak sibuk bisa 2 artikel di rapel
P 3
1. Kumpulan tulisan yg pernah kita unggah di blog, adakah syah di kumpulkan jadi buku?
2. Apakah dengan menerbitkan tulisan2 kita di blog, nantinya
akan membuat pembaca lbh memilih baca blog kita daripada buku kita?
Jawaban
1. Kumpulan
yang pernah kita unggah di blog tentunya syah untuk dijadikan buku karena
artikel itu kan karya sendiri.
2. Masih banyak pembaca yang menyukai membaca dari buku daripada blog kita,. ada 2 ripe pembaca e- book atau hard copy
When the rain falls hard
upon the road,
when the sun is warm and bright,
when the dew glints on grass
that is freshly moved,
whatever the day, the time, the
mood,
I just think about how much I love
you.
Bila kita artikan ke dalam Bahasa Indonesia yakni:
Saat hujan turun dengan deras
di jalan,
ketika matahari hangat dan cerah,
saat embun berkilauan di rerumputan
yang baru dipindahkan,
apapun hari, waktu, suasana hati,
Aku hanya memikirkan betapa aku mencintaimu
Ditujukan untuk orang-orang tercinta ❤️😁
P 4
Selama pandemi, pembelajaran kita daring sehingga guru2
dituntut utk bisa menggunakan zoom meeting, google meet dan untuk Madrasah kita
menggunakan E-Learning Madrasah. Kita merasa sangat terbantu sekali dg
penggunaan aplikasi e-learning terutama untuk share materi pembelajaran dan tugas siswa.
Kita para guru sangat tertarik dengan penggunaan blog untuk media pembelajaran, sehingga ingin belajar menggunakan blog.Terkait penggunaan blog, bagi yang termasuk pemula, baru buat blog ketika ikut pelatihan BM ini.Materi malam ini menggugah saya untuk bisa belajar lagi pembuatan blog agar bisa untuk pembelajaran.
Teknis pembuatan blog untuk pembelajaran banyak saya lihat di youtube. Nanti akan pelan2 belajar. Ahlinya blog, Mas Brian, bisa tanya ke Mas Brian. Jika WordPress, Pak Bambang, atau Mr Bams
Narasumber mengucapkan terima kasih atas kehadiran peserta BM pada malam hari ini. Selamat mencoba menulis bahan ajaran di blog, mumpung masih belum terlalu
malam bisa langsung buat resume.
Mohon maaf jika ada perkataan yang kurang berkenan dihati. Kita sekarang menjadi satu keluarga, jangan sungkan untuk saling menyapa, dan
jika ada saat memungkinkan kita bisa Kopdar dengan Om Jay.
Terima kasih Bu Nani atas paparan materi yang sangat
istimewa ini. 🙏
Semoga Bapak/Ibu penulis hebat yang tergabung dalam Kelas
Belajar Menulis PGRI dapat memanfaatkan
blog sebagai sarana pembelajaran seperti yang sudah diterapkan oleh Narasumber.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar